Popular Posts

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

About

Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 10 Juli 2013


1. Plato (427 SM - 347SM), filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (ilmu pengetahuan yg berminat mencapai kebenaran asli).  

2. Aristoteles (384SM – 322SM), filsafat adalah ilmu pengetahuan yg meliputi kebenaran yg didalamnya terkandung ilmu metafisika, logika, retorika, politik, ekonomi, etika dan estetika (menyelidiki sebab dan asas segala benda).    

3. Al-Farabi (wafat 950M) filsuf muslim terbesar sebelum Ibnu Sina mengatakan, filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yg sebenarnya.

        Berdasarkan dari asumsi yang di atas dan menurut hemat saya filsafat yang diartikan secara etimologi yaitu berasal dari kata ‘philos’ = cinta dan ‘shopia’ = kebijaksanaan. Jadi untuk orang dikatakan bijak dan mengenal cinta akan kebijaksanaan hanyalah orang-orang yang berfilsafat dan menurut orang awam filsafat itu membuat kita tersesat, haram, pembodohan dan gila karena banyak pikir. . haha . . lucu kan?hahaha… Ya iyalah selama kita masih hidup kita pun akan terus berpikir , dan saya harap kenalilah dulu lebih dalam apa itu filsafat?barulah kita mulai memberi penilaian dan sekali lagi filsafat itu adalah sebuah dasar mengenai ilmu pengetahuan dalam artian bahwa filsafat lah yang mengantar kita untuk menjadi orang yang bijak dan justru membuat kita selamat selama tidak melenceng dengan hukum-hukum Tuhan karena Tuhan membuat alam semesta ini beserta isinya dengan penuh kecintaan, jadi ciptaannya pun harus mencintai apa yang dicintai Sang Pemilik Cinta (Tuhan) dan Tuhan pun berfilsafat, ketika kita mempertanyakan “dimanakah itu Tuhan?” nah untuk menelaah pertanyaan seperti itu diperlukan lah filsafat itu sendiri untuk menjawab soal eksistensi (keberadaan) Tuhan. Dan menurut hemat saya bahwa definisi filsafat adalah sebuah pengantar (dasar) pengetahuan mengenai hakikat sesuatu yang ada, sebab, asal dan hukumnya dan membuat sesuatu yang rumit menjadi gampang dalam berargumentasi, kesimpulan, kritis, detail, dan dijabarkannya sesuatu dengan konsep yang mendasar. Dalam filsafat mutlak adanya logika berpikir dan logika bahasa. Filsafat memiliki sifat yang tepat, landasan sesuatu, spekulasi, keraguan, penasaran dan ketertarikan seseorang ketika mengenal dunia filsafat.
         
          Klasifikasi filsafat menurut latar belakang geografis, budaya, bahasa dan agama dan sebagainya. Menurut latar belakang geografis (wilayah) filsafat terbagi menjadi filsafat barat, filsafat timur dan filsafat timur tengah. Sementara itu menurut latar belakang agama filsafat terbagi menjadi filsafat Islam, filsafat Kristen, filsafat Buddha dan filsafat Hindu. 

          Jadi di dalam filsafat ilmu itu ada yang dinamakan sebagai seorang filsuf atau pemikir dari ilmu itu sendiri. Misalnya seperti dalam filsafat barat di Eropa dan daerah jajahannya dan berkembang di daerah Yunani kuno, tokoh yang berpengaruh itu seperti : Plato, Socrates, Aristoteles, Rene Descartes, G.W.F.Hegel, Immanuel Kant, Karl Heinrich Marx, Arthur Schopenhuer, Friedrich Nietzsche, Jean Paul Sartre dan sebagainya. Yang dimana filsafat barat membahas masalah metafisika/ontologi (hal yg ada), epistemologi (hakekat pengetahuan / kebenaran), aksiologi (norma dan nilai kehidupan yaitu etika dan estetika). Kemudian filsafat timur merupakan tradisi pemikiran filsafat yang berada di wilayah Asia, khususnya India, China dan daerah lainnya yg terpengaruh. Filsafat timur sangat khas antara filsafat dan agama. Dan cenderung lebih membahas masalah agama sehingga dikatakan bahwa filsafat timur itu tidak sistematis, tidak rasional dan tidak kritis seperti filsafat barat. Misalnya dalam pemikiran china sistematikanya berdasarkan susunan kronologis yg dimulai dari penciptaan sampai dgn meninggalnya manusia dijalin secara runtut. Filosof timur itu seperti ; Zhuan Zi, Kong Hu Cu, Lao tse dan lain-lain. Filsafat timur tengah merupakan filsafat yg dipengaruhi oleh filsafat barat karena para filsufnya merupakan org arab atau Islam yang menaklukkan daerah tengah dan menjumpai kebudayaan Yunani dlm tradisi falsafah(gagasan) mereka. Tokohnya yaitu Ibnu Sina, Khalil Gibran, Ibnu Tufail dan Averroes.
         
          Selanjutnya, filsafat menurut agama yaitu  filsafat Islam (muslim) yg memiliki perbedaan dgn filsafat yang lain dan sesuai dgn ajaran agama Islam. Secara garis besar Islam itu mengambil ilmu pengetahuan peradaban Islam pra-Islam seperti Yunani, Romawi, Persia dan India termasuk diantaranya ilmu logika, matematika, astronomi, pengetahuan alam, pengetahuan sosial dan sebagainya. Filsafat Kristen yg dimana filsafat ini disusun oleh para pemimpin gerejawan untuk menghadapi abad pertengahan. Saat itu, dunia barat khususnya Kristen berapa pd masa kegelapan. Masyarakat pun kembali kepercayaan agamanya. Tokoh filsafat Kristen hampir smua merupakan ahli agama atau theologian seperti Santo Thomas Aquinas dan Santo Bonaventura yaitu berbicara masalah aspek epistemologi dan berisikan bahwa tidak ada kebenaran di luar kerangka metafisika Allah. Semua kebenaran di dunia sudah sesuai dgn yg tertulis di Alkitab (garis besar). 

          Kapan lahir dan dikenalnya teori filsafat? Yah, pada dasarnya menurut sepengetahuan saya bahwa asal mula filsafat itu adalah dari munculnya pertanyaan yg berhubungan hakekat sesuatu yg bersifat esensial (ke-apaan), seiring dgn berkembangnya zaman hadirnya filsafat justru membuat kita semakin mudah dalam berfikir. Mungkin anda bertanya bagaimana membuatnya mudah?  Sebenarnya ketika anda mengunjungi google lebih terkhusus kepada Wikipedia, anda secara tdk langsung membaca artikel filsafat. Mungkin anda kaget, tp percayalah jika anda itu fans dr Wikipedia itu maka scr tdk langsung anda memiliki 94% kecendrungan untuk membaca artikel filsafat dan 6% selainnya, dgn intensi disengaja pun akan melewati barisan tag line dan keyword yg akan memandu anda pada artikel. Sampai-sampai Wikipedia perlu mendedikasikan langsung satu persatu page, tentang fenomena ini.

          Berdasarkan atas segala kekurangan saya, saya ucapkan banyak terima kasih kpd Sang Pemilik dari segala pemilik terutama kepada senior dan teman-teman 2012 di kampus yg telah mengantarkan saya untuk mengenal filsafat dan berbagai referensi utamanya organisasi HmI (Himpunan mahasiswa Islam) komisariat hukum unhas cabang Makassar Timur. Walaupun apa yang saya berikan kepada HmI tidak setimpal dgn apa yang saya dapatkan dari kajian di sana tp sy berusaha dengan semaksimal mungkin yaitu memberikan yg terbaik utamanya lewat karya (tulisan) ini. Sedikit curhat…..hehehe :). Jadi, filsafatlah yg membimbing kita untuk menjadi segala-galanya. Life is a choice, but the philosophy change your life!!!

0 komentar: